Paket Tour Wisata Bromo

Cara Mudah Nikmati Keindahan Alamnya

Nama Gunung Bromo sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia pasti sangat familiar di telinga para pecinta wisata alam. Terkenal akan keindahan alamnya yang banyak ragam, salah satu cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan reservasi paket tour Bromo.

Gunung Bromo Jawa Timur - Nathan Tour Holidays
Gunung Bromo Jawa Timur – Nathan Tour Holidays

Saat ini ada banyak sekali travel agent yang menyediakan beragam jenis paket tour Bromo. Akan tetapi kadangkala karena kesibukan pekerjaan dan bisnis, calon wisatawan seringkali mengalami kendala dalam penyesuaian jadwal bersama rombongannya.

Jika Anda termasuk yang sering mengalami hal tersebut maka menggunakan layanan paket tour Bromo adalah solusinya. Dengan layanan ini Anda akan menemukan banyak sekali keuntungan seperti menambah kenalan sekaligus menikmati wisata Bromo secara terorganisir.

Karakteristik Gunung Bromo :

Salah satu keunggulan yang membuat kawasan wisata Bromo selalu ramai akan pengunjung adalah kemudahan untuk menikmati keindahan beberapa gunung sekaligus.

Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Anda akan dapat menikmati tak hanya Bromo, tapi juga Gunung Semeru, Tengger dan Batok. Maka tak heran jika banyak yang bilang jika kawasan Gunung Bromo adalah yang paling indah pemandangannya di area Jawa Timur.

Tiket Masuk Wisatawan dan Kendaran

Meski terkenal akan pemandangan alamnya yang indah, namun tarif pengunjung untuk memasukinya terbilang murah sehingga cukup terjangkau. Yaitu kurang lebih sekitar 30 ribu rupiah saja sudah termasuk biaya asuransi jiwa, detailnya sebagai berikut:

  1. Wisatawan domestik hari kerja Rp. 29.000/Orang, hari libur Rp. 34.000/Orang.
  2. Wisatawan mancanegara Rp. 220.000/Orang di hari kerja, dan Rp. 320.000/Orang jika berkunjung pada saat akhir pekan atau masa liburan panjang.
  3. Kendaraan roda 4, sekali masuk membayar Rp. 10.000, untuk kendaraan roda 2 Rp. 5.000, Sepeda            Rp. 2.000 dan kuda Rp. 1.500.

Rute dan Akses Ke Bromo :

Ada beberapa rute untuk mengakses kawasan wisata Gunung Bromo karena memang terdapat 4 pintu masuk yang berbeda. Yaitu dari Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Namun dari semua itu perlintasan yang umum adalah melalui 3 jalur utama sebagai berikut:

  1. Dari Surabaya ke Tongas Probolinggo lalu mengarah ke Sukapura, masuk ke Cemoro Lawang hingga sampai di Bromo.
  2. Jalur lain dari Surabaya adalah melalui Pasuruan, lanjut ke Tosari, Wonokitri dan lanjut terus hingga ke Bromo.
  3. Jika bertolak dari Malang maka melewati Tumpang, Gubugklakah, Ngadas, Jemplang lalu Bromo.

Apabila Anda berencana berwisata sendiri tanpa bergabung dengan layanan open trip Bromo, maka dapat menggunakan transportasi umum melalui Pasuruan. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi rute Malang akan lebih menantang dengan pemandangan alam yang keren.

Waktu Terbaik Berkunjung :

Meski terbuka setiap saat, namun ada waktu terbaik untuk berkunjung ke kawasan wisata Bromo, yaitu

1. Awal Musim Kemarau

Jika Anda berniat untuk ikut open trip Bromo, maka pastikan untuk memilih waktu kemarau saat mengunjunginya. Sebenarnya alam Bromo akan tetap cantik kapanpun Anda mendatanginya, namun alamnya akan lebih hijau dan rimbun pasca musim penghujan.

Rumput dan perdu akan melapisi semua kontur yang terhampar membuatnya sangat asri dan semakin sejuk. Sedangkan jika sudah memasuki musim kemarau maka kesan kering dan gersang yang akan Anda dapatkan, meski alamnya tetap cantik juga.

2. Hari Biasa (Bukan Weekend atau Liburan Panjang)

Paket tour Bromo idealnya juga Anda lakukan pada hari biasa atau hari efektif kerja. Mengapa? Karena kawasan ini akan penuh sesak dengan kunjungan wisatawan lainnya baik lokal Nusantara maupun Mancanegara di hari libur.

Daftar Lokasi Wisata Bromo yang Wajib Anda kunjungi :

Ada banyak lokasi wisata di kawasan Gunung Bromo, berikut beberapa kawasan yang sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja, yaitu :

1. Kawah Gunung Bromo

Pastikan saat join open trip Bromo, objek wisata Kawah Gunung Bromo termasuk dalam daftar destinasinya. Di area wisata ini para pengunjung akan dapat menyaksikan secara langsung kecantikan Kawah Gunung Bromo yang terkenal sangat mempesona dan alami.

Untuk destinasi ini Anda harus berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir sebelum mencapainya. Jika tak sanggup jangan khawatir karena ada banyak sekali warga sekitar yang menyewakan jasa kudanya sebagai alat angkut di sini.

2. Padang Rumput Savana

Open trip Bromo biasanya juga memasukkan objek Padang Rumput Savana dalam daftarnya. Akses paling mudah menuju padang rumput ini adalah dengan kendaraan biasa atau sepeda motor melalui Malang atau Lumajang.

Padang rumput ini berada di bagian selatan timur dari gunung Bromo, yaitu tepatnya pada Lembah Jemplang. Yaitu sebuah sebuah lembah hijau yang di sekelilingnya terdapat deretan tebing tinggi dengan beberapa punggung gunung kecil.

Padang Rumput Savana Bromo ini sangat luas sekali dengan jalur lautan pasir eksotis sebelum mencapainya. Alhasil pemandangan alam yang benar-benar hijau menjadi sajian utama bagi semua pengunjung wisata.

3. Pasir Berbisik

Objek wisata Bromo berikutnya yang harus masuk ke dalam daftar open trip Bromo Anda adalah Pasir Berbisik. Lokasi wisata berupa hamparan pasir yang cukup luas ini ini terletak persis sebelum sampai di kawah Bromo.

Area ini biasanya menjadi salah satu spot terbaik guna berswafoto bagi para pengunjung. Bosan berswafoto, Anda dapat menantang diri untuk mengendarai motor trail atau menunggangi kuda yang banyak disewakan oleh warga sekitar.

4. Bukit Teletubbies Bromo

Daftar tujuan wisata open trip Bromo berikutnya biasanya adalah Bukit Teletubbies Bromo. Bukit ini merupakan obyek wisata favorit bagi wisatawan yang ingin berjalan-jalan untuk menikmati pemandangan sekitarnya yang indah sembari mengabadikannya.

Bukit ini bernama bukit Teletubies karena memiliki bentuk seperti bukit yang ada di serial film populer anak-anak era 90an akhir. Sajian utamanya adalah pemandangan alam cantik Gunung Bromo dengan latar belakang berupa deretan bukit hijau karena berlapis rerumputan.

Karena keindahannya, area wisata ini kerap menjadi lokasi foto para pengunjung bahkan kerap menjadi lokasi untuk foto prewedding. Selain menikmati hijaunya alam nan sejuk, pengunjung juga dapat menikmati sunrise dan sunset yang begitu menawan di pagi dan sore hari.

Selain menikmati pemandangan alam dengan berjalan kaki, wisatawan juga dapat menjelajah setiap sudutnya dengan menyewa jeep yang banyak terdapat di sana.

5. Pura Luhur Poten

Tujuan wisata yang juga sayang jika Anda lewatkan saat berkunjung ke Bromo adalah Pura Luhur Poten Bromo. Pura ini merupakan sebuah tempat persembahyangan masyarakat Hindu Tengger yang memang banyak tinggal di kawasan Bromo ini.

Pura Luhur Poten ini baru berdiri pada tahun 2000 yang lalu. Tempat ibadah ini pun tak ayal menjadi satu-satunya bangunan yang berdiri di tengah hamparan kawasan Pasir Berbisik.

Bangunan Pura ini terdiri dari empat bagian bangunan, yaitu Mandala Utama sebagai tempat pelaksanaan persembahyangan. Kemudian ada Padma sebagai tempat pemujaan.

Lalu terdapat Mandala Madya di bagian tengah sebagai tempat persiapan serta bagi pengiring upacara persembahyangan. Sedangkan bagian bagunan paling akhir adalah Mandala Nista di bagian depan.

Bagian bangunan ini berfungsi sebagai tempat peralihan dari area luar menuju ke bagian dalam pura. Daya tarik wisata ini adalah bangunan dengan arsitektur yang kental sebagai tempat peribadatan umat Hindu.

Selain itu berbagai upacara agama yang banyak terselenggara di Pura Luhur Poten ini ternyata juga menarik minat wisatawan untuk menyaksikannya.

6. B 29 Argosari

Open trip Bromo seringkali juga dijadikan sebagai jalan bagi mereka yang ingin berkunjung ke lokasi wisata B29 di Argosari. Lokasi wisata ini merupakan puncak yang tertinggi dari semua puncak di kawasan Wisata Gunung Bromo. Bahkan lebih tinggi dari Penanjakan 1.

Sajian wisata yang dapat pengunjung nikmati di sini adalah suasana alam yang diliputi udara sejuk khas pegunungan. Serta tentu saja berikut pemandangan alamnya sangat indah dengan hamparan berbagai tumbuhan khas yang hanya tumbuh di dataran tinggi.

Selain itu B 29 Argosari juga merupakan lokasi camping favorit di daerah kawasan Bromo. Lokasi tepatnya area wisata ini adalah di desa Argosari, kec. Senduro. Yaitu sekitar 40 km jaraknya dari kota Lumajang.

Jalur yang paling mudah untuk mengakses lokasi wisata alam di B 29 ini adalah melalui Senduro Lumajang, melalui jalur selatan.

7. Bukit Mentigen

Anda juga dapat menjadikan Bukit Mentigen sebagai salah satu tujuan wisata saat melakukan open trip Bromo. Lokasi wisata Gunung Bromo ini dapat menjadi spot untuk menikmati keindahan matahari terbit selain melalui Penanjakan 1 dan Penanjakan 2.

Untuk menikmati wisata Bukit Mentigen ini para wisatawan dapat melakukannya hanya dengan berjalan kaki saja lho. Namun hal itu baru dapat Anda lakukan jika sengaja bermalam di area penginapan atau hotel yang terletak di daerah Cemara Lawang – Probolinggo.

Lokasi Bukit Mentigen ini juga bisa menjadi alternatif terbaik bagi wisatawan yang mengunjungi Bromo secara backpacker tanpa membawa kendaraan sendiri.

8. Bukit Kingkong

Objek wisata Gunung Bromo yang dapat wisatawan kunjungi pada open trip Bromo selanjutnya adalah Bukit Kingkong. Dari ketinggian bukit yang hanya berjarak sekitar sekitar 2,5 km dari Penanjakan 1, pengunjung wisata akan dapat menikmati pemandangan sunrise.

9. Air Terjun Madakaripura

Tujuan favorit yang kerap ada di daftar paket tour Bromo lainnya adalah lokasi wisata air terjun Madakaripura. Lokasi wisata yang satu ini sarat akan cerita sejarah yang menjadi latar belakangnya.

Konon lokasi wisata daerah ini adalah tanah milik kekuasaan kerajaan majapahit. Yang mana guna menghargai jasa pahlawannya yang mampu menyatukan nusantara yakni Maha Patih Gajah Mada, lokasi ini dijadikan sebagai hadiah.

Atraksi wisata utama yang ditawarkan di sini adalah tentu saja keindahan air terjunnya yang memiliki ketinggian hingga 200 meter. Nantinya tak hanya menikmati keindahan air terjun yang sangat megah dan gagah, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitarnya.

Tak cukup hanya itu, perjalanan menuju ke lokasi wisatanya pun tak kalah menarik. Hal tersebut karena jalur yang ada cukup terjal dengan pemandangan alam indah serta udara yang sejuk. Sungguh lokasi wisata yang sangat memacu adrenalin pengunjungnya.

10. Bromo Milky Way

Open trip Bromo juga dapat Anda manfaatkan untuk dapat menikmati keindahan alam yang mungkin hanya sekali seumur hidup merasakannya. Yaitu menikmati Bromo Milky Way, sebuah tempat yang penuh dengan keindahan pemandangan astronomi di malam hari.

Dari Bromo Milky Way para pengunjung akan dapat menikmati gugusan berjuta bintang yang berkumpul dengan formasi memanjang. Bentuk gugusan tersebut pun terlihat layaknya debu yang bertebaran di latar belakang langit malam yang hitam pekat.

Sajian fenomena unik dari alam yang biasanya hanya akan dapat Anda nikmati di TV, majalah atau internet ini pun dapat Anda rasakan secara nyata di Bromo. Rasanya sayang jika harus melewatkan atraksi alam yang satu ini meski untuk melakukannya berarti harus rela begadang.

Terbukti dari hari ke hari semakin banyak saja wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Bromo menyempatkan diri menikmati Milky Way.

11. Penanjakan 1

Menikmati fenomena alam berupa matahari terbit melalui paket tour Bromo biasanya akan mengambil lokasi di Penanjakan 1. Hal ini karena lokasi yang satu ini merupakan tempat yang strategis untuk melihat menyaksikan kemegahan di awal hari itu.

Meski lokasi wisata yang satu ini sangat berbahaya sebab di sekitarnya terdapat jurang yang begitu mengerikan, namun selalu ramai akan pengunjung. Jalur menuju ke lokasinya pun juga cukup menantang karena sangat berliku, menanjak dan penuh kelokan tajam.

Menyewa kendaraan Jeep adalah satu-satunya cara jika ingin menuju ke Puncak Penanjakan 1 ini. Hal tersebut karena medan yang harus dilalui memang hanya dapat dengan menggunakan kendaraan jenis ini demi keamanan serta keselamatan.

Penanjakan 1 ini berada pada ketinggian sekitar 2770 mdpl. Oleh karena itu Penanjakan 1 di Bromo ini pun menjadi destinasi dunia bagi wisatawan manca yang ingin menikmati kecantikan sunrise.

Tak hanya ketinggian Penanjakan 1 saja yang sangat cocok untuk menikmati sunrise. Latar belakang lukisan alam dengan kehadiran tiga gunung cantik sekaligus juga jadi daya tarik wisata alam di area ini.

Maka tak heran jika Penanjakan 1 ini berada di posisi ketiga sebagai tempat wisata alam dalam kategori internasional.

12. Bukit Cinta

Bukit Cinta Bromo atau Love Hill dapat Anda jadikan sebagai obyek wisata dari rangkaian paket tour Bromo.   Sebagai lokasi wisata yang masih tergolong baru, atraksi wisata yang ditawarkan adalah keindahan alam khas pegunungan.

Selain itu Bukit Cinta juga dapat menjadi alternatif lain untuk menikmati Golden Sunrise Gunung Bromo. Banyak wisatawan yang memberikan testimoninya jika spot view yang satu ini ternyata tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan dengan spot lainnya.

Itulah mengapa ketika lokasi Penanjakan 1 terlalu ramai oleh pengunjung, maka Bukit Cinta Bromo ini dapat menjadi lokasi alternatif lainnya. Para pengunjung pun akan dapat lebih nyaman dan leluasa menikmati sunrise tanpa perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Demikianlah uraian tentang berbagai hal tentang lokasi wisata di Bromo sebelum Anda memutuskan untuk bergabung pada layanan paket tour Bromo.

Nah jika Anda masih belum menemukan agen travel yang tepat sebagai partner layanan maka Nathan Tour Holidays akan siap melayani. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi customer service di 0812345-121-77 yang buka 24 jam setiap hari.

Atau Anda juga dapat mengirimkan email untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik tentang open trip Bromo di admin@nathantour.com.

PAKET TOUR BROMO

PAKET TOUR
BROMO 1D

PAKET TOUR
BROMO 2D1N

PAKET TOUR
BROMO 3D2N

PAKET TOUR
BROMO 4D3N

PAKET TOUR
BROMO 5D3N

PAKET TOUR
BROMO 5D4N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Open chat
Halo Kak, bulan ini ada banyak penawaran menarik untuk Kakak.