Oleh-Oleh Bakpia Pathok 25 Jogja

Oleh-Oleh Bakpia Pathok 25 Jogja
Oleh-Oleh Bakpia Pathok 25 Jogja

www.nathantour.com – Oleh-Oleh Bakpia Pathok 25 Jogja. Indonesia adalah surga bagi para pecinta kuliner. Dari sabang sampai merauke, setiap daerah memiliki cita rasa yang khas dan unik. Salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dari Yogyakarta adalah Bakpia Pathok 25. Bakpia Pathok 25 Jogja adalah salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dan lezat di Indonesia. Sejarahnya yang kaya dan proses pembuatannya yang masih menggunakan metode tradisional membuatnya menjadi salah satu ikon kuliner Jogja. Dengan beragam varian rasa yang ditawarkan, Bakpia Pathok 25 adalah pilihan yang sempurna sebagai oleh-oleh atau sebagai camilan saat menjelajahi keindahan kota Yogyakarta.

Sejarah Bakpia Pathok 25 Jogja

Untuk memahami betapa istimewanya Bakpia Pathok 25 Jogja, kita perlu mengenal sejarahnya. Bakpia sendiri adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung terigu dan gula. Namun, apa yang membuat Bakpia Pathok 25 begitu istimewa adalah cara pembuatannya yang telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Bakpia Pathok pertama kali diperkenalkan di Yogyakarta oleh Tjoa Kwie Tek pada tahun 1948. Ia adalah seorang imigran Tionghoa yang bermigrasi ke Yogyakarta dan membuka usaha kecil-kecilan di kawasan Pathok. Di sinilah Bakpia Pathok pertama kali lahir. Nama “Pathok” sendiri diambil dari nama daerah di mana toko Bakpia Pathok pertama kali berdiri.

Sejak saat itu, Bakpia Pathok mulai dikenal oleh warga Yogyakarta dan wisatawan yang datang ke kota ini. Kelezatan Bakpia Pathok membuatnya sangat populer, dan bisnis ini pun berkembang pesat. Pada tahun 1970-an, Bakpia Pathok sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal.

Proses Pembuatan Bakpia Pathok 25

Salah satu hal yang membuat Bakpia Pathok 25 begitu istimewa adalah proses pembuatannya yang masih menggunakan metode tradisional. Proses ini memakan waktu dan tenaga, tetapi hasilnya sangatlah memuaskan.

– Bahan Utama

Bahan utama dalam pembuatan Bakpia Pathok adalah tepung terigu, gula, dan margarin. Bahan-bahan ini di pilih dengan teliti untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang sempurna.

– Pembuatan Adonan

Adonan Bakpia Pathok di buat dengan mencampurkan tepung terigu, gula, dan air. Adonan ini kemudian di uleni hingga menjadi kohesif dan elastis. Proses pengulenan ini memerlukan keahlian khusus untuk memastikan tekstur adonan yang tepat.

– Pembentukan Isi

Selanjutnya, adonan di bagi menjadi bagian-bagian kecil dan di isi dengan berbagai macam isian, seperti kacang hijau, kacang tanah, keju, cokelat, dan berbagai varian rasa lainnya. Isian-isian ini memberikan variasi rasa yang membuat Bakpia Pathok begitu menarik.

– Penggulungan

Setelah di isi, adonan kemudian di gulung dan di bentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bulatan pipih yang khas. Proses penggulungan ini juga memerlukan keterampilan khusus, karena adonan harus di olah dengan hati-hati agar tidak rusak.

– Panggang

Setelah di bentuk, Bakpia Pathok kemudian di panggang dalam oven hingga matang. Proses pemanggangan ini memberikan tekstur yang renyah pada kulit Bakpia Pathok, sementara isian dalamnya tetap lembut dan lezat.

– Kemasan

Setelah matang, Bakpia Pathok di bungkus dalam kemasan khusus yang menjaga kesegaran dan kelezatannya. Kemasan ini juga memberikan daya tarik visual yang membuatnya cocok sebagai oleh-oleh.

Varian Rasa Bakpia Pathok 25

Oleh-Oleh Bakpia Pathok 25 Jogja. Salah satu hal yang membuat Bakpia Pathok 25 begitu populer adalah beragamnya varian rasa yang di tawarkan. Selain varian kacang hijau yang menjadi favorit banyak orang, kemudian ada juga varian-variant lain yang tidak kalah lezat. Beberapa varian rasa yang populer termasuk:

– Kacang Tanah

Varian ini menggabungkan kelezatan kacang tanah yang gurih dengan kulit Bakpia yang renyah. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk yang menyukai rasa yang klasik.

– Keju

Bagi pecinta keju, varian ini adalah surga. Keju yang meleleh dalam setiap gigitan memberikan sensasi rasa yang kaya dan lezat.

– Cokelat

Varian cokelat adalah pilihan yang sempurna untuk para pencinta cokelat. Cokelat yang meleleh di dalam Bakpia Pathok memberikan rasa manis yang memanjakan lidah.

– Buah

Varian buah menggabungkan rasa manis buah dengan tekstur lembut Bakpia. Beberapa varian buah yang populer termasuk stroberi dan nanas.

– Jagung

Varian jagung menghadirkan cita rasa manis dan gurih dari jagung yang segar. Rasanya yang unik membuatnya menjadi pilihan yang menarik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Open chat
Halo Kak, bulan ini ada banyak penawaran menarik untuk Kakak.